Cara Mengobati Ansietas (Kecemasan yang berlebihan)

Ansietas atau anxiety disorder adalah suatu penyakit yang menyebabkan penderitanya mengalami kecemasan yang berlebihan. Pada umumnya kecemasan yang dialami penderita akan menimbulkan berbagai macam gejala fisik atau biasa dikenal dengan psikosomatis.

Psikosomatis yang dialami penderita biasanya bermacam-macam, seperti penyakit asam lambung, migrain, badan pegal-pegal, perut mual, leher terasa kaku, sering mengalami kedutan, jantung berdebar sangat kencang, napas terasa sesak dan lain-lain.

Psikosomatis ini sangat rumit untuk dimengerti. Karena, banyak sekali penderita yang mencoba untuk periksa ke dokter dan dokter mengatakan bahwa dia baik-baik saja.

Hal ini membuat saya menjadi penasaran. Kemudian, saya coba untuk melakukan pengamatan terhadap penyakit ini dengan mengamati penderita ansietas dan diiringi dengan membaca buku psikologi.

Setelah mengamati dan membaca bermacam-macam buku, saya mendapati bahwa seseorang mengalami gangguan kecemasan disebabkan karena orang tersebut pernah mengalami suatu peristiwa yang membuat dia trauma, sehingga terbentuklah pola fikir yang negatif di dalam dirinya. Hal ini membuat dia fokus terhadap rasa cemasnya.

Setelah itu, saya melanjutkan pengamatan saya dengan bergabung dalam forum anxietas di facebook. Disana saya mengamati berbagai macam keluhan dan gejala fisik yang dialami penderita Ansietas.

Dugaan saya ternyata benar yaitu penyakit ansietas yang mereka alami berawal dari suatu kejadian yang membuat mereka trauma. Akhirnya, saya menyimpulkan bahwa Ansietas itu disebabkan oleh tertanamnya mindset negatif di alam bawah sadar.

Apakah Mindset itu ?
Bagaimanakah Mindset itu terbentuk ?
 
Jadi, pada dasarnya mindset itu adalah pola fikir dan mindset itu terbentuk dari interaksi manusia dengan lingkungan.

Contohnya seperti ini, seorang anak kecil belum percaya kalau api itu panas, kemudian dipegangnya api tersebut, lalu tangannya kepanasan. Besoknya apakah dia masih berani memegang api? Jawabannya tentu saja tidak, karena sudah tertanam mindset positif bahwa api itu panas. 

Coba Anda bayangkan jika mindset yang tertanam adalah mindset yang negatif. Mungkin untuk hal yang sepele saja, seseorang bisa menjadi sangat cemas atau menjadi sangat panik. Contohnya takut dgn keramaian, takut berbicara di depan umum, takut naik pesawat, bahkan ada yang takut melihat korek api, ini semua disebabkan oleh tertanamnya mindset yang negatif.

Orang yang takut berbicara di depan umum biasanya disebabkan karena orang itu pernah punya pengalaman yang memalukan ketika berbicara di depan umum. Atau, pernah melihat orang lain mengalami peristiwa memalukan ketika berbicara di depan umum.

Peristiwa tersebut menjadi trauma bagi dirinya. Dalam hal ini, dia terlalu mendramatisir trauma tersebut, sehingga tertanamlah mindset yang negatif di fikirannya.

Kemudian, orang yang takut naik pesawat biasanya pernah melihat peristiwa yang mengerikan di televisi. Peristiwa mengerikan tersebut seperti kecelakaan pesawat, korban yang jatuh dari ketinggian, atau kecelakaan lalu lintas. 

Peristiwa yang mengerikan itu menjadi trauma bagi dirinya. Dalam hal ini, trauma tersebut terlalu didramatisir, terlalu dimasukkan ke hati, sehingga mental jadi lemah dan mudah cemas.

Kesalahan inilah yang sering dilakukan penderita ansietas. Setiap sesuatu itu selalu dimasukkan ke hati, selalu melibatkan perasaan, tanpa memahaminya terlebih dahulu. Jika kita melibatkan perasaan, berarti kita melibatkan alam bawah sadar. Karena, alam bawah sadar itu identik dengan perasaan. Alam bawah sadar itu aktif ketika kita tidak berfikir, contohnya pada saat kita bermenung.

Cara kerja alam bawah sadar ini sangat luar biasa, contohnya tangan kita berdarah karena terluka, kemudian kita mengaduh kesakitan. Rasa sakit ini di stimulus oleh sel saraf sehingga menjadi sebuah pesan yang terkirim ke otak. Lalu otak akan memerintahkan sel yang berfungsi untuk pembekuan darah bekerja pada tangan kita yang terluka.

Hal ini terjadi secara refleks. Pernahkah kita disaat kita terluka, kita fikirkan dulu apa yang kita rasakan ketika tangan terluka ? Jawabannya tentu saja tidak, karena ini terjadi secara tidak sadar. Seperti itulah cara kerja alam bawah sadar.

Jika kita sering mengeluh kita sakit maka secara tidak langsung kita mensugesti diri sendiri bahwa kita itu sakit berat. Pada saat itu, keluhan kita tersebut dikonversi menjadi sebuah pesan ke otak. Setelah itu, otak akan memerintahkan tubuh untuk memproduksi hormon stres. Hal inilah yang menyebabkan organ tubuh kita itu terganggu.

Kesalahan terbesar penderita ansietas adalah penyakit tersebut terlalu diresapi dan didramatisir. Hal inilah yang menyebabkan penyakit itu bertambah berat. Pada awalnya sakit yang dirasakan itu hanyalah sesak napas biasa atau sakit kepala biasa. Namun, karena hati terlalu cemas maka timbul fikiran macam-macam terhadap penyakit itu. 

Ada orang yang pernah terkena ansietas. Pada saat itu, dia mengalami sakit kepala sebelah atau migran. Kemudian, sakit kepala itu terlalu dia resapi dan didramatisir. Sehingga timbul dalam fikirannya hal-hal yang negatif seperti ini, "Jangan-jangan ini penyakit jantung, atau penyakit stroke, jangan-jangan bentar lagi aku meninggal".

Sebenarnya itu semua adalah akibat dari rasa cemas dia yang terlalu berlebihan. Setelah dia periksa ke dokter, dokter bilang dia tidak sakit. Terkadang orang gak sadar bahwa dia itu mensugesti dirinya sendiri sakit. 

Karena sering mengeluh, kemudian keluhan tersebut menjadi sugesti negatif yang berulang-ulang. Dan, akhirnya tertanam mindset di alam bawah sadar bahwa penyakit yang diderita itu sangatlah berat. Hal ini yang menyebabkan penyakit itu menjadi sangat berat.

Jadi, sangat besar sekali pengaruh mindset terhadap kesehatan. Hasil penelitian membuktikan bahwa 95% penyakit yang diderita manusia disebabkan karena fikiran negatif. Untuk itu, sangat penting sekali bagi kita untuk membentuk mindset yang positif.

Perlu Anda ketahui, untuk membentuk mindset yang positif tidak cukup dengan berfikir positif. Untuk membentuk mindset positif kita juga perlu membuat jiwa kita menjadi siap untuk menghadapi kemungkinan apapun. 

Biasanya penderita ansietas yang sudah tahu bahaya dari berfikir negatif, dia akan memaksakan dirinya untuk berfikir positif. Sementara, jiwanya itu tidak siap untuk menerima semua kemungkinan yang terjadi. Hal ini yang membuat jiwanya sulit untuk tenang. 

Memang tidak bisa dipungkiri, dalam hidup ini kita sangat dianjurkan untuk berfikir positif. Kita sangat dianjurkan untuk berfikir bahwa hal-hal baik akan terjadi pada kita. sesungguhnya apa yang kita fikirkan itu termasuk doa. Apa yang kita fikirkan itu bisa menjadi kenyataan. ini sangat benar sekali.

Namun, di satu sisi kita juga perlu menyadari bahwa kemungkinan apapun bisa terjadi. Untuk itu, jiwa kita harus siap untuk menghadapi kemungkinan apapun. Sesungguhnya yang mengatur hidup ini bukan kita tetapi Allah SWT.

Sebagai manusia biasa, kita hanya mampu melakukan yang terbaik, berdoa dan berharap yang baik-baik. Kita tidak akan bisa memastikan apa yang akan terjadi nantinya. Karena, kita tidak pernah tahu dengan apa yang akan terjadi nantinya.

Untuk itu, jangan pernah memaksakan keinginan kita. Coba lakukan yang terbaik, lalu berserah diri kepada Tuhan. Dalam hal ini, bukan berarti saya menyuruh Anda untuk lemah semangat. Contoh lemah  semangat itu seperti ini "Biar ajalah terjadi sesuatu yang buruk, yang penting aku sudah berusaha"

Jika Anda berfikiran seperti ini, itu artinya Anda lemah semangat. Dalam hidup ini, kita harus yakin kalau kita bisa meraih apa yang kita inginkan, kita terus berusaha melakukan yang terbaik untuk mencapai itu. Namun, dalam yakinnya kita itu, kita juga perlu menyadari bahwa kemungkinan apapun bisa terjadi. 

Untuk itu, setelah melakukan yang terbaik, kita perlu berserah diri kepada Allah. Apapun yang terjadi nantinya itu adalah yang terbaik. Dengan menanamkan mindset seperti ini, maka hati kita akan menjadi sangat tenang dan bahagia.
  
Menurut saya, penderita ansietas ini adalah orang-orang yang mengalami gejala lupa, yaitu lupa dengan kebahagiaan. Orang bisa tenang karena merasa bahagia. Orang merasa bahagia karena ikhlas menjalani hidup ini. Orang bisa ikhlas karena orang itu mengerti, mengerti bahwa semua yang terjadi sudah ditentukan oleh Allah SWT.

Semua yang ditentukan itu adalah yang terbaik untuk kita, karena Allah itu Maha Mengetahui dan Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Jadi, tidak ada lagi alasan untuk kita itu cemas dalam hidup ini. Allah SWT lebih tahu apa yang kita butuhkan daripada sekedar apa yang kita inginkan.

Untuk mendapatkan ketenangan adalah dengan mencari kebahagiaan. Kebahagiaan itu tidak hanya diukur dari seberapa banyak keinginan kita yang sudah tercapai. Tapi, kebahagiaan itu bisa kita dapatkan dari segala hal yang kita syukuri. Untuk mensyukuri hidup ini dibutuhkan motivasi. Untuk mendapatkan motivasi, coba jadikan contoh orang-orang yang tegar menjalani kehidupan ini.

Coba sekali-kali Anda jalan-jalan kerumah sakit atau ke yayasan tempat orang-orang cacat. Coba perhatikan pasien di tempat tersebut. Disana ada orang yang harus menjalani kehidupannya di kursi roda sejak kecil, ada orang yang organ tubuhnya tidak lengkap, ada orang yang buta dan lain-lain. 

Selain itu, coba juga jalan-jalan ke tempat orang-orang miskin dan tidak berpendidikan, ataupun ke panti asuhan tempat anak yatim piatu. Walaupun mereka hidup serba kekurangan, namun mereka tetap memiliki semangat yang luar biasa. 

Meskipun ada yang tidak memiliki organ tubuh yang lengkap, ada yang tidak memiliki orang tua, ada yang makan satu kali sehari, mereka tetap tegar menjalani kehidupan ini. Sedangkan kita orang yang memiliki fisik sempurna, masih punya orang tua, punya rezeki yang cukup, tapi sedikit sakit saja kita masih mengeluh dalam hidup ini.
 
Kita melihat orang miskin, anak yatim, dan orang cacat itu bukan untuk membandingkan diri, tetapi untuk menjadikan mereka sebagai teladan kita agar kita tetap tegar menjalani kehidupan ini. 

Jika kita membandingkan diri dengan orang lain, kita tidak akan pernah menganggap kehidupan itu adil. Karena, akal kita itu sangat terbatas untuk mengartikan keadilan Tuhan. Pada dasarnya Tuhan itu Maha Adil. Semua orang mendapatkan nikmat yang sama, akan tetapi nikmat tersebut diterima dalam bentuk karunia yang berbeda-beda.

Terkadang, karena kebahagiaan itu sudah terlalu biasa, kita menjadi lupa kalau itu adalah sebuah kebahagiaan. Contoh kecilnya saja, yaitu bernapas. Coba ambil sedikit waktu kita untuk menghela napas panjang, wah tenangnya, beruntungkah kita? Ya pasti donk. Kenapa?

Coba Anda bayangkan jika oksigen yang kita hirup ini tidak gratis. Dalam hal ini, kita harus beli tabung oksigen setiap hari untuk bisa bernapas. Sudah tentu uang yang kita habiskan untuk membeli tabung oksigen sangatlah banyak

Jadi, kita ini sangat beruntung sekali. Setiap hari kita bisa bernapas ribuan kali dengan gratis. itu baru pernapasan lho, belum lagi kenikmatan yang lain seperti bisa melihat, bisa tertawa, bisa mendengar, bisa berjalan, memiliki keluarga dan lain-lain. Coba renungkan, betapa bahagianya hidup ini. Setelah kita mengerti dengan arti kebahagiaan barulah kita bisa sembuh dari ansietas dan memperoleh ketenangan.
 
Pada kesempatan ini, saya akan coba jelaskan cara-cara menyembuhkan penyakit Ansietas agar kita bisa mendapatkan ketenangan. Adapun langkah-langkah yang harus dilakukan yaitu sebagai berikut :

1. Ikhlas dan Bertawakal kepada Allah SWT

Pada dasarnya satu-satunya cara untuk mendapatkan ketenangan adalah dengan mengingat Allah SWT. Jika kita senantiasa mengingat Allah SWT maka hati kita akan selalu tenang dan terhindar dari kecemasan yang berlebihan. Apapun ikhtiar yang kita lakukan untuk memulihkan ansietas, jika tidak diiringi dengan mengingat Allah SWT maka ikhtiar tersebut akan sia-sia. Kita tidak akan mendapatkan ketenangan.

Dalam Al quran sudah dijelaskan

"(Yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah, ingatlah hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram" (QS. Ar-Ra'd ayat 28)

Jadi, dari terjemahan ayat tersebut sudah sangat jelas bahwa hanya dengan mengingat Allah, hati kita bisa menjadi tenang. Pada dasarnya mengingat Allah itu tidak hanya sebatas berzikir menyebut nama Allah saja, tapi mengingat Allah memiliki makna yang luas dan mendalam. Mengingat Allah itu harus dilakukan dalam setiap aspek kehidupan.

Supaya kita bisa mengamalkan QS. Ar-Ra'd ayat 28 ini , hati kita perlu dilandasi dengan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Jika hati kita sudah dilandasi dengan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT maka akan muncul rasa ikhlas dan tawakal dalam hati kita. Dengan begitu, hati kita menjadi tenang saat mengingat Allah.

Jadi, keimanan dan ketaqwaan memiliki peranan penting terhadap ketenangan jiwa kita. Untuk itu, kita perlu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita dengan cara belajar ilmu agama dan senantiasa menjalankan perintah Allah serta menjauhi laranganNya. jika kita rumuskan maka bisa dituliskan seperti ini

Ilmu Agama => (Iman & Taqwa) => (Ikhlas & Tawakal) => Ketenangan Jiwa

Jika kita rincikan, untuk mendapatkan jiwa, ilmu agama adalah langkah awal. Setelah mendalami ilmu agama maka akan lahir Iman dan Taqwa. Setelah memiliki iman dan taqwa, kita akan menemukan ikhlas dan tawakal. Jika hati sudah ikhlas dan tawakal maka kita akan mendapatkan ketenangan jiwa. 

Sesungguhnya ketenangan jiwa itu hanya salah satu manfaat dari iman dan taqwa. Sesungguhnya manfaatnya banyak sekali. Manfaat utama dari iman dan taqwa adalah kita mendapatkan keselamatan hidup di dunia dan akhirat.

Untuk itu, mulai sekarang cobalah untuk lebih rajin belajar ilmu agama, coba rutin ikuti pengajian, pelajari tafsir Al-quran dan hadis, pelajari sifat-sifat Allah, Asmaul Husna serta senantiasa menjalankan ibadah. Dengan begitu, kita akan terbiasa mengingat Allah dalam setiap aspek kehidupan kita. Setiap kali ada masalah, kita selalu melibatkan Allah, kita selalu mengadu kepadaNya dan selalu mencari petunjuk dalam Al-Quran dan hadis untuk masalah yang kita hadapi

Pada dasarnya semua masalah yang kita hadapi, semua kegelisahan yang kita rasakan, semua pertanyaan yang muncul di fikiran saat kita merasa panik, galau, dan sedih. Semua itu ada jawabannya dalam Al-quran dan hadis. Namun, tanpa kita sadari, kita sering mengabaikan hal itu. Setiap kali ada masalah, kita lupa untuk mengadu kepada Allah, kita malas untuk menemukan solusi terhadap masalah kita di dalam Al-quran dan hadis. Hal ini yang membuat kita sulit untuk ikhlas dan tawakal kepada Allah SWT dan kecemasan kita pun jadi berlarut-larut.

Untuk itu, sangat penting bagi kita untuk memperdalam ilmu agama, meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT agar kita bisa ikhlas dan tawakal kepada Allah. Karena, ikhlas dan tawakal kepada Allah merupakan kunci kesembuhan dari ansietas. Jika seseorang sudah ikhlas dan tawakal kepada Allah maka kehidupannya akan terasa enteng, dan hati akan terasa sangat tenteram. 

Pada kesempatan ini saya akan coba jelaskan cara mengatasi beberapa kecemasan berlebihan yang sering dialami orang, diantaranya yaitu sebagai berikut :

1. Takut terhadap kematian

Cara mengatasi takut terhadap kematian adalah dimulai dengan mengingat Allah, hal ini bisa dilakukan dengan membaca istighfar, yakini dalam hati bahwa hanya Allah yang mampu membolak-balikkan hati manusia. kemudian berdoa kepada Allah agar diberikan ketenangan. 

Yaa muqollibal quluub, tsabbit qolbi ‘ala dinika

Yang artinya: “Wahai Dzat yang membolak-balikkan hati, tetapkanlah hatiku di atas agama-Mu”

"Allahumma inni as aluka nafsaan bika muthma-innah, tu’minu biliqoo-ika’ watardhoo bi qodhooika wataqna’u bi’athooika."
Artinya:

“Ya Allah, aku memohon kepada-Mu jiwa yang merasa tenang kepada-Mu, yang yakin akan bertemu denganMu, yang ridho dengan ketetapan-Mu, dan yang merasa cukup dengan pemberian-Mu.”

Setelah berdoa, coba buka Al-quran dan hadis, cari dalil yang berhubungan dengan kematian, salah satu dalil Al-quran tentang kematian bisa dilihat dibawah ini

"Dan kalau Allah menghukum manusia karena kezalimannya, niscaya tidak akan ada yang ditinggalkanNya di bumi dari makhluk yang melata sekalipun, tapi Allah menangguhkan mereka sampai waktu yang sudah ditentukan. Maka, apabila ajalnya tiba, mereka tidak dapat penundaan atau percepatan sesaat pun."(Q.S An-Nahl ayat 61)

Dengan memahami terjemahan ayat tersebut membuat kita menyadari bahwa kematian itu pasti akan datang kepada kita, waktunya tidak bisa diundur dan tidak bisa dipercepat. Jika kita selalu mencemaskan kematian, pertanyaannya apakah kita bisa mengubah takdir kita terhadap kematian? apakah kita bisa memperpanjang umur kita dengan rasa cemas tersebut? Jawabannya sudah tentu tidak bisa kan?

Jadi, kita tidak perlu cemas berlebihan terhadap kematian, cemas terhadap kematian itu boleh saja jika rasa cemas itu membuat kita jadi semakin taat beribadah bukan membuat kita panik. Dengan kata lain, yang kita cemaskan itu bukan kematian tapi cemas dengan bekal apa yang akan kita bawa setelah meninggal. 

Dengan mengetahui bahwa kematian itu pasti akan datang kepada kita membuat kita menyadari bahwa hidup di dunia ini hanyalah singgah, hidup yang kekal itu di akhirat, dengan begitu kita tidak terpedaya oleh kesenangan dunia, membuat iman kita meningkat, bukan malah semakin takut. 

HIDUP MATI ITU URUSAN TUHAN, kenapa itu yang kita fikirkan, coba lakukan apa yang bisa kita lakukan, dan fikirkan apa yang bisa kita fikirkan. Kalau rasanya selama ini kita kurang beribadah, coba perbanyak ibadahnya, kalau rasanya kita pernah berbuat dosa, coba minta ampun kepada Allah, dan tidak mengulangi kesalahan itu lagi. Jadi, jangan fikirkan urusan TUHAN, kematian itu Urusan TUHAN, kematian itu tidak bisa dipercepat dan tidak bisa diperlambat, walau hanya sedetik.

2. Takut terkena penyakit berat

Cara mengatasi takut terkena penyakit berat adalah dimulai dengan mengingat Allah, hal ini bisa dilakukan dengan membaca istighfar, yakini dalam hati bahwa hanya Allah yang mampu membolak-balikkan hati manusia. kemudian berdoa kepada Allah agar diberikan ketenangan. 

Setelah berdoa, coba buka Al-quran dan hadis, cari dalil yang berhubungan dengan penyakit atau obat, salah satu dalil tentang penyakit bisa dilihat dibawah ini

“Semua penyakit ada obatnya. Jika cocok antara penyakit dan obatnya, maka akan sembuh dengan izin Allah.” (HR. Muslim).

Dari hadis tersebut dapat kita pahami semua penyakit ada obatnya. Jika obat yang diberikan itu cocok maka penyakit itu akan sembuh dengan izin Allah. Jadi, kita tidak boleh terlalu takut terkena penyakit berat.

Dalam hidup ini ada orang yang sebenarnya kondisi fisiknya baik-baik saja, tapi dia terlalu cemas terkena penyakit berat, akibatnya rasa cemas itu jadi sugesti yang membuat dia panik, dan pada akhirnya dia jadi benar2 sakit

Kemudian, ada juga orang yang sakitnya itu cuma demam biasa, atau cuma sekedar pusing, tapi penyakit itu dia persepsikan terlalu berlebihan lalu dia panik jangan2 ini gejala stroke, jangan ini gejala penyakit jantung, akibatnya karena dia panik, penyakit itu menjadi sangat berat.

Selain itu, ada juga penderita ansietas yang sudah mulai tahu bahwa fikiran negatif dapat mempengaruhi kesehatannya dia, hal ini membuat dia jadi memaksakan dirinya berfikir positif, dia terus memaksa dirinya untuk bilang "aku sehat, aku kuat, aku baik2 saja". Karena terlalu memaksakan diri, akhirnya dia jadi pusing sendiri dan rasa cemas pun semakin bertambah. Jadi, sikap seperti ini pun kurang tepat.

Sikap yang benar adalah kita berfikiran positif terhadap kondisi fisik kita tapi tetap tawakal. Dalam hal ini, kita selalu menjaga kesehatan, mengendalikan diri untuk tidak stres dan melakukan yang terbaik untuk kebugaran tubuh kita. Tapi, tidak memaksakan diri bahwa kita akan sehat selamanya. 

Jika kita sudah melakukan yang terbaik tapi pada akhirnya nanti kita terkena penyakit berat, berarti itu sudah takdir, maka kita harus terima dengan ikhlas. Karena yang mengatur hidup ini bukan kita tapi Allah SWT. Allah itu Maha Mengetahui, Allah itu Maha Penyayang, Allah lebih tahu apa yang terbaik untuk kita. Mungkin selama ini kita pernah melakukan dosa dan penyakit yang diberikan itu untuk menggugurkan dosa-dosa kita

"Tidaklah seorang muslim tertimpa suatu penyakit dan sejenisnya, melainkan Allah akan mengugurkan bersamanya dosa-dosanya seperti pohon yang mengugurkan daun-daunnya". (HR. Bukhari no. 5660 dan Muslim no. 2571).

Jadi, seandainya kita tiba-tiba jatuh sakit, maka itu sebenarnya baik untuk kita. Penyakit itu bisa menggugurkan dosa kita. Jika kita tiba2 sakit, terima itu dengan ikhlas, dan ikhtiar untuk menyembuhkannya seperti yang dijelaskan dalam salah satu HR. Muslim bahwa semua penyakit itu ada obatnya. Jadi, jangan panik, serahkan semuanya pada Allah SWT.

3. Takut dengan Masalah Keuangan (Finansial)

Penyebab terbesar seseorang terkena ansietas yaitu trauma, stress dan depresi. Dan, faktor terbesar yang membuat stres adalah masalah keuangan (finansial). Dalam hal ini, orang tersebut takut tidak bisa memenuhi kebutuhan hidupnya. Karena terlalu stres akhirnya berdampak terhadap kesehatannya dia, sehingga dia jadi terkena psikosomatis dan panic attack.

Untuk mengatasinya bisa dimulai dengan mengingat Allah, hal ini bisa dilakukan dengan membaca istighfar, yakini dalam hati bahwa hanya Allah yang mampu membolak-balikkan hati manusia. Kemudian, berdoa kepada Allah agar diberikan ketenangan. 

Setelah selesai berdoa, coba buka Al-quran dan hadis, cari dalil yang berhubungan dengan rezki dan cobaan hidup. Salah satu dalil tentang rezki bisa dilihat dibawah ini

Dan tidak ada satupun makhluk bergerak (bernyawa) di muka bumi melainkan semuanya telah dijamin rezekinya oleh Allah. Dia mengetahui tempat kediaman dan tempat penyimpanannya. Semua itu (tertulis) dalam Kitab yang nyata (Lauh Mahfuzh). – (Q.S Hud: 6)

Dengan memahami terjemahan ayat tersebut membuat kita menyadari bahwa Allah sudah menjamin rezki kita. Allah itu Maha Kaya, Allah itu Maha Pemberi Rezki. Jadi, untuk apa kita khawatir, rezeki itu tidak tertukar, yang penting kita selalu ikhtiar dan berdoa. Setelah menyadari hal ini, insya Allah perasaan kita menjadi lebih tenang.

Jika hati kita masih tidak tenang, coba cari dalil lain. Misalkan hati kita masih tidak tenang disebabkan kita sedang menghadapi masalah besar, Ketika itu kita membutuhkan banyak uang untuk menyelesaikan masalah tersebut, tapi pada saat itu uang tidak ada. 

Di satu sisi kita menyadari bahwa rezeki itu sudah dijamin Allah tapi di satu sisi kita panik dengan masalah yang dihadapi, masalah ini harus diselesaikan tapi uang tidak ada. Jika mengalami seperti ini coba cari dalil lain yang berhubungan dengan masalah itu. Salah satu dalil untuk hal tersebut bisa dilihat dibawah ini

"Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (Mereka berdoa): “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami, ampunilah kami dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir." (QS. Al-Baqarah: 286).

Terjemahan ayat tersebut menjelaskan kepada kita bahwa Allah tidak akan memberikan cobaan kepada kita jika kita tidak sanggup untuk menghadapi cobaan itu. Jadi, tidak perlu kita terlalu cemas dalam hidup ini, lakukan saja yang terbaik lalu berserah diri kepada Allah SWT. Dengan memahami dalil ini saja hati kita menjadi lebih tenang, apalagi jika kita buka semua dalil Al-qur’an yang menjelaskan tentang rezki dan cobaan hidup. Jadi, ilmu agama itu sangat penting. 

Kesimpulan :

Jika kita perhatikan tiga kecemasan diatas yaitu takut kematian, takut terkena penyakit berat, dan takut dengan masalah keuangan. cara mengatasi ketiga kecemasan itu polanya sama yaitu dimulai dengan mengingat Allah. Hal ini bisa dilakukan dengan membaca istighfar lalu berdoa kepada Allah agar kita diberikan ketenangan. 

Selanjutnya buka Al-qur’an dan hadist untuk mencari dalil yang berhubungan dengan masalah kita. Kemudian baca terjemahannya, maknai dan renungkan agar kita bisa ikhlas dan tawakal kepada Allah. Dan, jika sudah bisa ikhlas dan tawakal maka kita akan mendapatkan ketenangan. 

Jadi, apapun jenis kecemasan yang dialami seseorang, cara mengatasinya tetap dengan pola yang sama. Karena, pada dasarnya kunci kesembuhan dari ansietas itu adalah ikhlas dan tawakal kepada Allah SWT. Dengan bersikap ikhlas dan tawakal kepada Allah, kecemasan akan mereda, hati akan menjadi tenang dan tubuh akan pulih kembali. 

Perlu Anda ketahui bahwa dalil yang saya cantumkan untuk mengatasi 3 kecemasan diatas hanyalah sebagian. Pada dasarnya ada banyak sekali dalil Al-qur'an dan juga hadis yang menerangkan tentang kematian, penyakit dan rezki. Tapi, saya yakin, meskipun dalil yang saya cantumkan cuma sebagian, hati Anda menjadi tenang setelah mengetahuinya. Bayangkan saja, dengan mengetahui sebagian dalil saja, hati kita bisa tenang, apalagi kalau kita membahas semua dalil yang berhubungan dengan kecemasan yang kita alami, tentu hati kita akan menjadi sangat tenang.

Untuk itu, mulai sekarang, coba perdalam ilmu agama, tingkatkan keimanan, kerjakan semua ibadah yang diperintahkan oleh Allah dan jauhi semua laranganNya. Dan, cobalah untuk mengingat Allah dalam situasi apapun. Masalah apapun yang kita hadapi cobalah untuk kembali kepada Allah. 

Dan jangan pernah berfikir terlalu jauh, fikirkan hal-hal yang sanggup kita fikirkan dan lakukan hal-hal yang sanggup kita lakukan. Jika kita pernah mengalami kegagalan, jangan anggap hal itu sebagai kegagalan, namun anggaplah hal itu sebagai pembelajaran.
 
Untuk hal-hal yang tidak sanggup kita fikirkan, tidak perlu kita fikirkan. Serahkan saja hal-hal yang tidak sanggup kita fikirkan itu kepada Allah. Coba ikhlaskan hati kita untuk menerima apapun yang terjadi. 

Jika sesekali masih timbul rasa takut terhadap kematian, takut terkena penyakit berat dan lain-lain. Coba renungkan kembali, apakah sesuatu yang kita cemaskan itu memang milik kita ? misalnya kita takut tubuh kita jatuh sakit, apakah tubuh kita ini memang milik kita ? Jawabannya tentu saja tidak.

Pada dasarnya apa pun yang kita punya di dunia ini seperti harta kita, kesehatan kita, keluarga kita bahkan nyawa kita sekalipun. Sebenarnya semua itu bukanlah milik kita tapi milik Allah SWT. Semua yang kita punya itu hanyalah titipan, cepat atau lambat Allah akan mengambilnya kembali dari kita. Untuk itu, kita perlu ikhlas menjalani hidup ini.

Sesungguhnya semua yang terjadi sudah diatur oleh Allah SWT. Jika kita sudah melakukan yang terbaik maka cobalah untuk bersikap tawakal kepada Allah. Yakinlah bahwa semua yang terjadi itu telah ditentukan Allah SWT. Allah itu Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, Allah itu Maha Mengetahui, Dia lebih tahu apa yang terbaik untuk kita.


2. Lakukan terapi EFT 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 80% penyakit yang diderita berasal dari fikiran negatif, fikiran yang negatif akan menghasilkan emosi yang negatif, dan emosi negatif yang berlebihan akan menimbulkan berbagai macam penyakit.

Jadi, jika Anda sering mengalami sensasi fisik yang sangat menyiksa, itu adalah efek dari emosi negatif yang terkurung di fikiran bawah sadar Anda. Untuk itu, Anda perlu membebaskan emosi negatif tersebut agar perasaan Anda menjadi tenang dan Tubuh Anda pulih kembali. Adapun cara untuk membebaskan emosi negatif tersebut bisa dilakukan dengan terapi EFT. 

Emotional Freedom Technique (EFT) adalah alat terapi psikologi yang berguna untuk membebaskan emosi negatif yang ada dalam diri seseorang. EFT adalah salah satu pengobatan yang sangat ampuh dan banyak terbukti secara ilmiah, dan lebih menariknya lagi, teknik EFT ini hanya membutuhkan waktu sekitar 5 menit.

EFT ini adalah versi sederhana dari akupunktur, didalam akupunktur diketahui ada beberapa energi yang mengalir di dalam tubuh yang disebut meridian, jika energy tidak mengalir dengan baik maka tubuh pun menjadi tidak sehat. EFT ini berguna untuk melancarkan kembali peredaran energi tersebut, hal ini dilakukan dengan cara mengetuk ringan pada titik-titik di tubuh kita, titik ini adalah tempat mengalirnya energy meridian tersebut. 

Pada saat seseorang mengalami panic attack, dia akan merasakan sensasi fisik yang luar biasa. Dengan menggunakan teknik EFT ini, insya Allah emosi negatif yang tersimpan tersebut bisa dikeluarkan dan fisik akan kembali normal.

Penjelasan dan cara penggunaan EFT dapat anda lihat pada link video dibawah ini :

http://www.youtube.com/watch?feature=player_embedded&v=YH4p1STBeFw
http://www.youtube.com/watch?feature=player_embedded&v=Tm6hbjiDzJ0
http://www.youtube.com/watch?feature=player_embedded&v=5OGeREUgsfg
http://www.youtube.com/watch?feature=player_embedded&v=XT_yabsKMfw
http://www.youtube.com/watch?feature=player_embedded&v=hqmnk2Y4DW0

Supaya terapi EFT ini hasilnya maksimal, Anda perlu melakukannya dengan komitmen. Dalam hal ini, Anda perlu rutin melakukannya setiap hari, minimal 7 kali dalam sehari. Waktu yang bagus untuk melakukan terapi EFT ini adalah pada saat bangun tidur, ketika selesai shalat, ketika hati sedang tidak tenang dan pada saat mau tidur. 


3. Baca buku yang dapat mengubah mindset Anda menjadi lebih baik

Supaya pola fikir kita menjadi positif, kita perlu banyak membaca. Bacalah buku-buku agama, motivasi atau pengembangan diri, biografi orang sukses, psikologi dan alam bawah sadar. Selain itu, tonton juga film-film yang memotivasi diri. Seiring berjalannya waktu, kita akan mengalami pendewasaan diri atas pembelajaran yang kita lakukan, sehingga kita tidak gampang cemas.

Saya sendiri sudah menerbitkan buku yang berjudul 9 Terapi untuk Kecemasan Berlebihan (Ansietas). Buku ini versi cetak, bagi Anda yang berminat untuk membeli buku ini, silahkan kilik link ini Cara Membeli Buku 9 Terapi untuk Kecemasan Berlebihan 

4. Minum vitamin B Complex 

Vitamiin B Complex sangat bermanfaat untuk meredakan kecemasan berlebihan. Didalam vitamin B Complex ini terdapat vitamin B1, B6 dan B12. Perlu Anda ketahui, seluruh fungsi sistem saraf, termasuk otak, diatur oleh vitamin B1, B6 dan B12. Kekurangan vitamin ini menyebabkan seseorang rentan terhadap stres, kecemasan, dan depresi.

Untuk itu, cobalah minum vitamin B Complex. Anda bisa mendapatkan vitamin B Complex di apotik. Anda tidak perlu khawatir minum vitamin B complex, karena vitamin b Complex ini tidak ada efek samping, yang penting Anda minumnya sesuai dosis. Vitamin B Complex ini sifatnya vitamin penambah nutrisi otak. Setelah minum vitamin B Complex ini, sistem saraf Anda akan bekerja dengan baik. Hal ini akan membuat Anda tidak gampang cemas.

  
5. Lakukan pernapasan perut

Pada saat hati kita merasa gelisah, cobalah untuk merilekskan fikiran. Hirup nafas panjang, kemudian hembuskan pelan-pelan. Fokuskan fikiran pada udara yang kita hirup dan yg kita hembuskan. Bayangkan beban fikiran keluar bersamaan dengan udara yang kita hembuskan.

Sambil melakukan pernapasan, ucapkan juga affirmasi positif ke dalam hati kita seperti" saya sehat, saya tenang, saya yakin bisa tidur nyenyak" lakukan hal ini pada saat alam bawah sadar aktif. 

Alam bawah sadar itu aktif yaitu pada waktu-waktu berikut : pada malam hari, pada saat bangun tidur (lewat dari setengah jam bangun tidur anda, alam bawah sadar itu pasif lagi), pada saat mandi, pada saat buang air besar, pada saat mengantuk seperti menguap, dan pada saat termenung.


6. Bayangkan kondisi sehat Itu

Pada dasarnya mindset itu juga merupakan doa. Sesungguhnya apa yang kita fikirkan secara berulang-ulang bisa menjadi kenyataan. Untuk itu, coba sering-sering membayangkan diri kita dalam kondisi sehat. Berikan warna dan cahaya yang jelas di fikiran kita kalau kita itu sehat. 

Selain itu, cari aktifitas yang membuat kita itu merasa kalau kita itu sehat, sehingga kita lupa kalau kita itu sakit. Aktifitas yang bisa dilakukan contohnya olahraga, merawat tanaman di sekitar rumah, mencuci kendaraan, membersihkan pekarangan rumah, bercanda dengan keluarga, nonton film lucu dan lain-lain.

Dengan sibuk beraktifas dan sering membayangkan diri dalam kondisi sehat. Maka, nantinya pola fikir kita akan menjadi positif, mental kita juga akan menjadi positif, dan kesehatan kita pun akan ikut membaik.


7. Ubah suasana hati jika sedang bad mood 

Pada dasarnya perasaan itu sungguh situasional, beda waktu bisa beda rasa dan malah beda tempat juga bisa beda rasa. Jika anda merasa tidak tenang, cobalah sejenak merubah suasana tempat anda berada, seperti jalan-jalan ke taman atau ke kolam renang.

Biasanya ansietas ini kambuh kalau kita lagi bad mood atau kecapean. Jika tanda-tanda ansietas muncul, cepat alihkan pemikiran ke hal yang lain, ambil air whudu atau gosok gigi. Misalnya terjebak dalam kemacetan, ubah suasana hati kita. Caranya bisa dilakukan dengan berkata alangkah bagusnya aku cari tempat makan yang enak dulu.


8. Pancarkan kebahagiaan pada alam

Dalam kehidupan ini berlaku hukum The law Of Attraction, atau Hukum Tarik Menarik. Pancarkan kebahagiaan itu ke semua yang ada di sekeliling kita. Caranya bisa dilakukan dengan bercanda dengan keluarga, banyak tersenyum kepada orang lain, pelihara kucing dan lain-lain.

Dengan begitu, alam pun akan menarik kebahagiaan itu dan memancarkan kembali kebahagiaan kepada kita. Untuk hal ini, Anda bisa buktikan sendiri. Jika Anda sering memancarkan kebahagiaan kepada alam maka jiwa Anda akan terasa sangat bahagia.


9. Ubah suasana rumah 

Suasana rumah juga dapat mempengaruhi perasaan kita. Jika rumah kita kotor dan berantakan maka hati kita akan menjadi gelisah. Dalam hal ini, Otak anda akan cenderung memutar memori yang menjengkelkan hati Anda. Lalu, Anda jadi memikirkan hal-hal yang tidak seharusnya Anda fikirkan. Dan, akhirnya perasaan Anda pun jadi tidak terkendali.  

Untuk itu, cobalah ubah suasana rumah Anda menjadi lebih baik. Jika biasanya rumah Anda berantakan maka cobalah Anda rapikan. Buanglah barang-barang yang tidak penting atau barang-barang yang mengingatkan Anda dengan penyakit ansietas. Setelah rumah Anda bersih, perasaan Anda akan jauh lebih tenang.


10. Jangan pernah dilawan ansietas itu dengan emosi 

Perlu Anda ketahui, jika kita kesal dengan ansietas maka ansietas itu akan bertambah kuat sensasinya. Ansietas itu cukup dimengerti dengan baik, mengerti bahwa rasa cemas ini hanyalah perasaan yang dibuat-buat saja, atau perasaan yang hanya numpang lewat. 


11. Lakukan dialog diri

Dialog diri adalah berdialog dengan diri sendiri terhadap apa yang kita cemaskan. Jika tidak menemukan jawaban untuk kecemasan kita, baca kandungan al-quran dan hadis, atau buku untuk menemukan jawabannya. 

Selain itu, bisa juga melalui curhat yaitu dengan cara menanyakan hal yang kita cemaskan kepada orang yang berilmu atau orang terdekat. Contoh dialog diri bisa anda lihat dengan mengklik link ini Dialog diri untuk mindset positif

12. Dengarkan audio terapi memprogram alam bawah sadar

Pada dasarnya sugesti positif yang diucapkan secara berulang-ulang dapat membentuk mindset yang positif di fikiran bawah sadar. Jika sudah tertanam mindset positif di fikiran bawah sadar maka hati kita akan terasa tenang dan kesehatan kita akan ikut membaik.

Cara mudah untuk mengucapkan sugesti positif adalah dengan mendengarkan audio terapi fikiran bawah sadar. Perlu Anda ketahui, audio terapi fikiran bawah sadar ini merupakan terapi pemulihan jiwa dengan harga yang terjangkau. 

Selain itu, terapi ini sangat mudah untuk dilakukan. Anda hanya perlu mendengarkan audio terapi tersebut sebelum tidur. Untuk mendapatkan audio terapi fikiran bawah sadar ini, anda bisa membelinya di website www.pemulihanjiwa.com. Pada website tersebut tersedia banyak audio terapi untuk berbagai macam keluhan, termasuk gangguan kecemasan berlebihan.


13. Lakukan semua langkah diatas dengan penuh keyakinan kepada Allah SWT 

Apapun yang kita lakukan sudah pasti membutuhkan keyakinan. Jika kita melakukan tindakan pemulihan tanpa keyakinan yang kuat, maka nanti hasilnya tidak akan maksimal. 

Untuk itu, Anda perlu melakukan semua langkah diatas dengan keyakinan yang sangat kuat kepada Allah SWT. Percayalah, tidak ada yang tidak mungkin bagi Allah. Jika Allah menghendaki Anda pulih dari Ansietas maka Anda akan pulih. 


Hal-hal yang perlu Anda hindari

Supaya Anda lebih cepat pulih dari ansietas, Anda perlu menghindari hal-hal negatif yang dapat membuat tertanamnya mindset negatif di alam bawah sadar. Adapun hal-hal negatif tersebut yaitu sebagai berikut :

1. Mengeluh, sebisa mungkin hindari mengeluh karena gara-gara kita mengeluh atau cemas untuk satu masalah bisa mempengaruhi ke masalah yang lain, hal ini dikarenakan fikiran kita gak jernih lagi memahami sesuatu. Jangan cepat memasukkan ke dalam hati masalah yang kita alami, pahamilah terlebih dahulu, kaji dari sisi positifnya.

2. Jangan pernah takut anxie akan kambuh, jika kita takut maka kecemasan itu menjadi berlipat ganda. jika kita cemas anxie itu akan kambuh, berarti kita membesarkan anxie itu dan mengecilkan jiwa kita. 

3. Jangan pernah nonton film horor baik itu film hantu atau film kekerasan yang bisa merusak jiwa dan membuat mental jadi lemah. 

4. Jangan pernah gunakan sugesti dengan kata tidak, jangan ataupun bukan, seperti “jangan panik” alam bawah sadar kita tidak mengenal kata tidak,jangan ataupun bukan. Contohnya, coba fokus dengan apa yang saya tulis, “Jangan Fikirkan Mobil” sekarang apa yang anda fikirkan? Pasti mobil kan? 

5. Begadang, coba hindari begadang, karena begadang tidak bagus untuk tubuh dan jiwa, tubuh dan jiwa perlu istirahat agar bisa beraktifitas dgn baik. 

6. Hindari bermenung memikirkan hal-hal yg negatif atau hal-hal yang tidak bermanfaat.
Semoga Anda yang membaca artikel ini diberikan kebahagiaan, kesehatan dan kekayaan yang melimpah oleh Allah SWT, Aamiiin. 

Saya ingin mengingatkan sekali lagi, supaya Anda lebih berkomitmen untuk melakukan tindakan pemulihan, saya sarankan Anda untuk membeli buku saya yang berjudul 9 Terapi untuk Kecemasan Berlebihan (Ansietas), buku ini versi cetak. Dengan membeli buku ini, Anda akan lebih serius untuk mempraktekkannya, karena buku ini bisa Anda bawa kemana-mana.

Bagi Anda yang berminat untuk membeli buku 9 Terapi untuk Kecemasan Berlebihan (Ansietas), Anda bisa lakukan pemesanan secara online ataupun melalui sms. Cara melakukan pemesanan secara online bisa Anda baca pada link ini Cara Membeli Buku 9 Terapi untuk Kecemasan Berlebihan

Pemesanan buku melalui SMS

Bagi Anda yang kesulitan untuk melakukan pemesanan buku secara online, Anda bisa lakukan pemesanan melalui sms

Silahkan Kirim SMS ke Nomor 0813 9885 2199 Tuliskan : 

Pesan buku 9 Terapi untuk Kecemasan Berlebihan, Nama, Alamat Lengkap, Kode Pos 

Contoh :Pesan buku 9 Terapi untuk Kecemasan Berlebihan, Riani, Jalan Ahmad Yani, Perumahan Wadya Graha Blok G No.9, RT.01 RW.14 Kelurahan Jayamukti Kecamatan Panam, Kota Pekanbaru, Kode pos : 27293

Kami akan segera membalas SMS Anda untuk informasi pembayaran dan pengiriman buku kepada Anda. Sebagai informasi, buku ini dicetak secara self publishing, proses pencetakan dan pengiriman buku ini mencapai 10 - 14 hari, tidak termasuk sabtu dan minggu ataupun tanggal merah.



Salam bahagia
 
Nico Manggala

Post a Comment

116 Comments

  1. Alhamdulillah ada yang berikan solusi, sy juga akan terapkan.

    ReplyDelete
  2. Terima kasih kembali, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau cemas berlebihan nya selalu datang lagi gimana kak?

      Delete
    2. kalau cemasnya datang lagi, coba lakukan terapi lagi, di blog ini ada banyak penjelasan tentang terapi untuk mengatasi kecemasan berlebihan

      Delete
  3. Alhamdulillahh sangat bermanfaat,.terima kasih Mas Nico,.

    ReplyDelete
  4. Alhamdulilah..mlm ini anxie sy bangun dr tidurnya..tp stlh sy membaca artikel ini alhamdulilah sy tenang..terimaksh mas nico..

    ReplyDelete
  5. ya sama-sama mbak...senang sekali rasanya artikel ini banyak bermanfaat bagi orang lain

    ReplyDelete
  6. Belakangan ini saya sering sakit dada, sakit punggung, tenggorokan serasa ada yang mengganjal, kadang kadang pusing, dan hampir setiap pagi perut saya mules serasa ada angin yang masuk disertai mual dan rasa tidak enak pada tenggorokan.. setelah kejadian itu saya kefikiran dan sering berfikiran negatif takut penyakit inu itu lah takut ada hal buruk yang akan menimpa lah.. apa sakit yang diderita saya ada hubungan nya dengan anxietas? Makasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya rasa iya mas agus, kayaknya mas terkena ansietas, namun untuk memastikannya coba mas periksa ke dokter atau psikolog

      Delete
  7. Saya termasuk penderita ansietas, kalau dipikir saya orangnya periang bahkan teman2bilang saya tidak punya masalah, faktanya ansietas terjadi pada saya
    Mungkin bisa juga karena faktor omongan orang lain mengenai saya???
    Bisakah hal tersebut menjadi penyebab????

    ReplyDelete
    Replies
    1. faktor omongan orang lain ???maksudnya gimana mbak, ansietas itu bukan berarti setiap hari dia murung atau kurang semangat mbak, ada saat saat tertentu rasa cemas itu tiba-tiba muncul, bisa jadi karena dia mengalami suatu kejadian yang mengingatkan dia dengan rasa trauma yang dia miliki,

      menurut pengalaman saya dalam kehidupan ini banyak sekali orang yang kelihatannya periang namun hatinya penuh dengan kegelisahan, adakalanya orang itu malu atau segan untuk menceritakan permasalahannya, mustahil seseorang itu terkena ansietas jika dia tidak mengalami gejolak jiwa

      Delete
    2. Sy blm pernah ke psikiater sih sbnrnya, cuma ciri2 anxietas mmg tampak pd diri sy. Sy tidak tau apa yg memicu anxietas ini. Soalnya sy tdk pernah merasa ada kejadian traumatik apapun. Cuma memang sy kalo nonton atau dengar berita2 yg aneh2 atau kematian yg aneh sy takut itu terjadi pada diri sy atau keluarga sy.
      Sy jg awalnya (mungkin sebelum menikah) adalah org yg periang, suka hal2 baru dan berani mencoba apapun yg sy anggap positif bagi diri sy. Sy jg tipe org yg suka bosan. Hobi sy dr dulu gonta-ganti. Sy merasa puas dgn hobi itu, tp kl sdh lama muncul rasa bosan. Mungkin krn rasa bosan itu jg, yg mbuat anxie sy muncul. Rasa jenuh krn keseharian yg dijalani cm itu2 sj. Mgkn sdh tdk ada lg hal baru yg bs sy lakukan. Bahkan stlh menikah (sy menikah 2008) keberanian sy mencoba hal2 baru semakin terkikis. Apalagi suami sy sifatnya kaku dan pesimis, sy jd ktularan pesimisnya. Sy mohon saran dan bantuannya mengatasi anxie ini. Bgmn mengubah pikiran sy yg negatif mnjadi positif. Sy jg mau tanya, apa hypnotherapy itu menggunakan media jin atau apa? Sy msh belum paham bgmn cara terapi yg 1 ini menyembuhkan kejiwaan. Bgmn cara terapisnya memasuki alam bawah sadar si pasien, bgmn cara mrk mengubah cara pikir pasien, dll. Yg paling masuk akal bg sy kl terapi ini pake media jin. Kl sy salah, mohon maaf dan mohon dijelaskan. Terima kasih.

      Delete
    3. cara merubah fikiran negatif menjadi positif sudah saya tulis dalam ebook saya mbak, judulnya rahasia mengubah mindset negatif, silahkan mbak download pada blog saya ini, kalau untuk hypnotherapy setahu saya cara terapis membuat pasien masuk ke alam bawah sadar yaitu dengan relaksasi, setelah benar-benar relax pasien akan masuk ke alam bawah sadar, lalu setelah itu baru pasien diberikan terapi, kalau hypnotherapy menggunakan media jin saya gak pernah dengar mbak...

      Delete
    4. Gitu ya. Sy sdh download ebooknya. In syaa Allah sy baca sbntr. Kl soal hypnotherapy, yg msh mganjal d hati sy, kt kan biasa rileks jg tp knp ga bisa sprti org yg dihipnotis gt. Gmn cara terapisnya mbuat kt bicara dlm alam bwh sadar. Apa kt menyadari apa sj yg sdh kt ucapkan pas kt sdh sadar? Sy msh bingung dsitu. Apakah yg bbicara pd saat kt brada dlm alam bwh sadar itu adalah jin qorin kita? Dan sy msh blm tau dalil yg membolehkan kt memakai terapi ini, apa diperbolehkan dlm islam. Sy terus terang tertarik dgn metode ini, krn sy benar2 mau sembuh dr penyakit anxietas sy. Tp percuma jg kl metode ini diharamkan dlm islam. Mohon penjelasan dan pencerahannya.
      Oh ya, 1 lg sy mau tanya, apa mas nico tau gmana caranya mengatasi rasa bosan. Ini sy liat2 anak sy jg kurang lebih punya sifat yg sama dgn sy, cepat bosan. Makasih banyak atas ilmu2nya mas.

      Delete
    5. menurut yang saya baca di buku psikologi, alam bawah sadar itu bukan alam gaib mbak...pada umumnya buku-buku psikologi menyebutnya fikiran bawah sadar, jadi otak manusia ini terbagi 2 mbak yaitu otak kiri (fikiran sadar) dan otak kanan (fikiran bawah sadar), adapun fungsi dari fikiran bawah sadar ini yaitu sebagai berikut :

      1. sebagai gudang memori jangka panjang
      2. sebagai gudang emosi
      3. sebagai sumber perilaku

      jadi fikiran bawah sadar ini aktif pada saat tertentu mbak antara lain yaitu pada saat kita bangun tidur, pada saat kita mau tidur, pada saat buang air besar, pada saat mandi, pada saat termenung dan lain-lain

      Makanya banyak buku-buku psikologi yang menganjurkan untuk tidak berfikiran negatif pada saat fikiran bawah sadar aktif

      kalau saya biasanya mengatasi bosan dengan cara pergi jalan-jalan sama keluarga atau sama teman mbak..

      Delete
  8. Saya tidak tahu bagaimana cara menentukan saya sebagai penderita gangguan anxietas namun bila di ceritakan seperti diatas, saya merasakan hal-hal tersebut, seakan hidup saya sangat menakutkan dan tidak bahagia. Saya terus berusaha mendekatkan diri kepada allah dan berusaha untuk menenangkan diri, beberapa waktu perasaan gelisah itu hilang namun kadang-kadang muncul kembali. Apakah ada terapi atau pengobatan untuk mengobati penyakit ini? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. segala penyakit ada obatnya, terapi atau pengobatan untuk anxietas ada banyak, artikel yang saya bagikan di blog ini juga membahas tentang pengobatan untuk ansietas mbak....

      Delete
  9. Bismillah semoga bermanfaat ya
    Akan saya terapkan

    ReplyDelete
  10. Saya baru meyakini diri saya menderita ansietas stlh memahami gejala2 yg saya alami. Membaca artikel Mas cukup melegakan, insya Allah saya akan bisa "menaklukan" gangguan ini. Terima kasih atas ilmunya

    ReplyDelete
  11. Saya baru meyakini diri saya menderita ansietas stlh memahami gejala2 yg saya alami. Membaca artikel Mas cukup melegakan, insya Allah saya akan bisa "menaklukan" gangguan ini. Terima kasih atas ilmunya

    ReplyDelete
  12. Saya kencing melulu nih semenjak mikir yang engga" soal kencing terus kak, padahal katanya bagus kalo kencing terus. Kayanya sih aku punya anxie, daridulu kalo ada apa apa suka gitu..

    ReplyDelete
  13. Saya dapet tugas presentasi dr kampus ttg gangguan anxietas. Pas banget nemuin artikel mas ini. Artikelnya keren,jelas, ada rujukan Alqur'anya. Saya suka ;)

    ReplyDelete
  14. Mas Nico pernah menderita gangguan axietas g? Kira2 berapa lama? Sekarang sudah sembuh belum? Pengalaman berobat kemana bisa jd sembuh? Hehehe
    Kebetulan saya juga menderita axietas sejak sebulan lalu dan sampai sekarang terkadang masih kambuh-kambuhan. Kalo Mas Nico ada info pengobatan anxietas (terutama didaerah sekitar Bogor, Jawa Barat) mohon infonya ya... Terima kasih

    ReplyDelete
  15. terimaksih sangat membantu untuk ketenangan jiwa dan fikiran saya

    ReplyDelete
  16. Terima kasih mas artikelnya sangat membantu saya .tx

    ReplyDelete
  17. Maaf sebelumnya . Pacar saya kena anxietas awalnya udh mulai hilang stlah saya bawa ke tmn yg bisa hypno . Namun belakangan seperti nya muncul lagi apa yg harus saya lakukan . Terima kasih sebelumnya buat artikel dr mas nico

    ReplyDelete
  18. Maaf sebelumnya . Pacar saya kena anxietas awalnya udh mulai hilang stlah saya bawa ke tmn yg bisa hypno . Namun belakangan seperti nya muncul lagi apa yg harus saya lakukan . Terima kasih sebelumnya buat artikel dr mas nico

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika gejalanya muncul coba lakukan tapping EFT mas ivan

      Delete
    2. klo boleh tau tapping EFT apa yah?

      Delete
  19. Nama saya hendra..saya suka fitness. Dihari fitnesske 30.. Saya sesak napasberat( tidak bisa bernapas selama 5 detik).. Saya trauma jgn2 jantung...sy priksa medis .dua dokter mengatakan saya normal boleh fitnes lg. Saya dudah test EKG normal.apalagi usia 26 tahun.. Namun mental saya hancur bahkan untuk sit up saya takut. Saya anxie jantung.. Kalau malam mau tidur saya cemas.takut mati.takut kena serangan jantung.jantung saya berdebar keras.susah tidur.. Takut99.. Perasaan ini sudah mulai menyerang disiang hari setelah saya beraktifitas/ bekerja satu jam.saya ingat anxie jantung.saya jadi lemas.sesak napas 7 detik.. Setiap saya ingay anxie jantung. Saya lemas dan sesak napas 5 detik.. Tolongin saya .nama saya hendra. Cita 2 pingin punya tubuh mirip superman..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Supaya mentalnya pulih kembali, coba terapkan semua yang saya tulis dalam blog saya ini mas...kalau dua dokter mengatakan normal dan boleh fitnes lagi maka gak ada salahnya juga mas fitnes lagi, mudah-mudahan cita-citanya pingin punya tubuh mirip superman tercapai..:D

      Delete
    2. Ok makasih mas. Hari ini saya fight dengan anxie jantung.. Tp joging dululah sebulan.. Masih trauma berat dengan fitness takut gak bisa napas lg...

      Delete
  20. Saya prnah mnyepelekan penyakit,tapi gak sembuh2..di diagnos oleh 5 dokter cuma maagh..tpi berobat ga ada kesembuhan,saya buka gejalanya d internet sprti pnykit sistematik(ginjal,liver,kencing mnis)..pas priksa terakhir saya minta tes darah dan trnyata ada gangguan slh satunya..tpi sembuh,,stlh smbuh saya mulai takut,pnykit trsebut kmbuh lg,dan ktakutn trsbut mmbuat saya anxie..yg gejalany mirip pnykit trsebut..sprti kesemutan.saya slalu priksa dan minta tea darah..parahny lg gejala apapun saya brosing d internet..dan mlihat kmungkinan pnyakit trberatny..shingga stiap saya priksa k dokter dan bilang saya baek2 saja saya g prcaya mlh prcaya k internet,d tambah setiap pnelurusan d internet psti ada hal mnghubungkn pnyakit2 lain,trmasuk penyakit kturunan hipertensi dan kencing manis,itu membuat saya semakin takut;serba salah,mau makan teratur,istrht rutin,takut kencing manis,,makan enak takut hipertensi,g makan takut maagh,aktifitas takut jantung krn kecapean,santai takut kencing manis,,itulah yg internet slalu takut2tin k saya..gimna cara mngatasinya..thnks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba terapkan semua yang saya tulis dalam artikel ini mas. Insya Allah sembuh

      Delete
  21. Terimakasih, sangat berguna. Inshaa Allah saya bisa lancar menerapkan. Sebelumnya saya pernah tidak sengaja membaca gejala serangan jantung, salah satunya sakit di dada sebelah kiri. Suatu hari saya merasakan sakit di dada sebelah kiri dan saya ingat artikel tersebut, badan saya langsung dingin karena ketakutan, saat saya berobat ternyata saya memiliki masalah dengan asam lambung. Sejak saat itu saya sangat mudah cemas dengan hal apapun. Saat saya merasakan pusing, pikiran saya langsung merujuk pada penyakit berat. Hal itu juga terjadi jika saya merasa tidak enak di bagian mana pun, mind-set saya selalu tertuju ke penyakit atau hal negatif lainnya. Sulit sekali untuk mengatur diri saya sendiri untuk tidak cemas berlebihan. Sekali lagi terima kasih, semoga bisa berhasil pada diri saya. Aamiin.

    ReplyDelete
  22. Terimaksih atas ilmu yang diberikan melalui media ini, sy akan coba mas NICO MANGGALA

    ReplyDelete
  23. saya juga merasakan hal tersebut
    sangat sulit untuk menenangkan diri sendiri
    bagaiman solusi nya?

    ReplyDelete
  24. Malam ini di t4 kerja sy trkena pykit kecemasan....Alhamdulillah stlah sy mbaca artikel mas nico rasax hati sy jd tenang....trims mas atas ilmux ini smg Allah yg mbalasNya

    ReplyDelete
  25. Ibu saya mengalaminya mas, sebagai anak apa yg bisa saya bantu untuk ibu saya yang mengalami anxie?? saya kasihan melihat ibu saya... tidak ada semangat sama sekali...
    ayah saya selalu memarahi ibu saya bila ibu saya curhat serangan itu datang, apakah tindakan tsb benar?? menurut ayah saya, ibu saya perlu dikerasin agar tidak manja dengan pemikirannya...

    Mohon masukannya, ingin sekali melihat ibu saya kembali semangat...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba mbak ajak ibunya untuk membaca buku saya yang berjudul 9 Terapi untuk Kecemasan Berlebihan, buku ini versi cetak dan pemesanan buku ini dilakukan secara online, silahkan mbak klik link ini Buku 9 Terapi untuk Kecemasan Berlebihan

      Delete
  26. Alhamdulillah, ya Allah. terimakasih atas artikel nya om, saya termasuk penderita anxie berat. dulu sudah sembuh, tapi minggu ini kambuh lagi. yang sangat saya sedih istri saya muak dengan penyakit saya ini. dia tidak percaya kalau saya sakit psikis ini

    ReplyDelete
  27. Alhamdulillah, kecemasan saya selama ini akhirnya terjawab, Jazakallah Mas Nico Manggala

    ReplyDelete
  28. Alhamdulillah, kecemasan saya selama ini akhirnya terjawab, Jazakallah Mas Nico Manggala

    ReplyDelete
  29. mas saya mau nanya saya memiliki perasaan takut dan gelisah sulit untuk tidur dan aktifitas kata nya sih penyakit asam lambung naik nya gas itu ,dan disertai jantung berdebar dan rasa mual gimana menurut pendapat mas??

    ReplyDelete
  30. Iya mas, menurut saya jantung berdebar dan perut terasa mual itu termasuk gejala penyakit asam lambung

    ReplyDelete
  31. Sangat membantu sepertinya saya mengalami semua yg di tulis di atas.. saya sangat lelah dengan kecemasan saya tapi srkang kecemasan saya yg berlibahan sudah teratasi berkat Allah swt. Setelah baca ini saya jadi paham apa yg harus saya lakukan kedepannya. Terimaksih sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  32. Mas mau nanya.. saya tergolong orang yg mudah stress bila menjumpai suatu masalah. Hal ini sangat mengganggu karena batin saya selalu gelisah setiap saat. Kepala serasa mau pecah karena kepikiran terus. Apakah itu juga termasuk ansietas?

    ReplyDelete
  33. Baru baca sedikit blum tamat juga tapi udah kaya punya bahan bwat ngdepin yang lagi di alami. Terima kasih ...

    ReplyDelete
  34. Alhamdulilah , Semakin Tau :)
    Bloger Pemula Http://aripgnaoy.blogspot.com

    ReplyDelete
  35. Mas bisa minta tolong bantu masukin di group FB anxietas, fb handoko siswo utomo, trims.

    ReplyDelete
  36. Mas nico. Ini sama persis yg sy alami sya pernah diserang anxietas tahun lalu. tapi pas abis tidr bangun pagi langsung hilang begitu juga dgn 19 juni 2016 kena sore paginya normal kembali... Tapi kmarin waktu puasa ramadhan tgl 29 juni sya pas dikantor jam yg sama kaki saya tiba2 tdk terasa dan semacam disiram air dingin naik kekepala spontan rasa takut cemas dtg kata teman kantor sya. Semacam org gila kiri kaanan cemas. Setelah itu malamnya sy tdk bisa tidur satu menitpun sampai skrg saya masih mengalami kadang rasa takut mati, takut tidak sembuh, takut gila, dan perubahan pisik juga biasa panas bagian dada kaku saat bicara cman seseringan... Panas bagian daun telinga dan cemas klw dgar berita negatife langsung dihubungkan dgn penyakit yg sya alami.. Mohon bantuanya mas,,, sya sdh sring putus asa mau resign dri tempat kerja saja soalnya sdh takut dgn org2 banyak apa lagi sya kerja disalah satu bank negara yg mengharuskan untuk bertemu nasabah setiap harinya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dalam blog saya ini ada kurang lebih 30 artikel mas, coba baca semuanya mas, lalu praktekkan, insya Allah sembuh.

      Delete
  37. Terima kasih gan artikel nya sangat membantu, semalam sepertinya saya mengalami ini, sumpah kondisi yang tidak mengenakkan, mungkin menjadi titik balik saya menjadi lebih dekat dengan gusti Allah SWT.

    ReplyDelete
  38. Makasih.. Sangat bermanfaat... Wassalam

    ReplyDelete
  39. Makasih.. Sangat bermanfaat... Wassalam

    ReplyDelete
  40. Mkasih ,,sangat bermanfaat.. Smoga kita semua sehat wal afiat. Amiin

    ReplyDelete
  41. Mkasih ,,sangat bermanfaat.. Smoga kita semua sehat wal afiat. Amiin

    ReplyDelete
  42. Saya terkena Ansietas hingga sekarang saya selalu berlebihan berfikir dalam segala tindakan dan gangguan kesehatan dalam diri saya. akibatnya produktivitas saya dalam bekerja menurun. awal mulanya jika saya ikuti artikel ini ansietas yang saya derita ini muncul setelah saya mengalami kecelakaan di pantai saat saya hampir tenggelam ditarik ombak dan sudah tidak bertenaga lagi untuk melawan arus/berenang. hingga saat itu rasanya saya seperti mau mati ditambah sensasi air asin yang membuat tenggorokan saya terasa kering dan perih akibatnya saya susah bernafas.

    Sekarang saya sudah sedikit sadar apa yang saya alami dengan kondisi yang saya rasakan. saya kira saya di guna guna oleh orang agak trauma juga sama guna2 karena dulu saya pernah di guna guna.

    Terima kasih Bang Nico saya sudah Bookmark halaman ini biar saya selalu ingat dengan tulisan ini.

    ReplyDelete
  43. Luar biasa. Sangat membantu. Kiranya kecemasan dan kehawatiran sy yg berlebih bisa terobati. Terimakasih banyak.

    ReplyDelete
  44. penjelasanya sangat mendetail, dan saya juga mengalami itu sudah 4 bulan sampai saat ini , dan saya coba terapkan penjeasan yg agan tulis...
    terima kasih gan semoga bermanfaat buat orang lain yang mengalami ini juga,.. Amin.

    ReplyDelete
  45. Mantap artikelnya gan..sangat menginspiratif..smoga penulis mendapat pahala dan dimudahkan rijkinya..amin

    ReplyDelete
  46. Mantap artikelnya gan..sangat menginspiratif..smoga penulis mendapat pahala dan dimudahkan rijkinya..amin

    ReplyDelete
  47. saya juga mengalami sudah 7 bulan lebih.. lebih parahnya ketika jum'atan, rasa cemas itu muncul pikiran negatif muncul, pengen pingsan pengen keluar dari masjid, sedangkan pada rekaat kedua.. saya tahan dan ahirnya kuat, walau setelahnya saya gak kuat berjalan, dan sekarang saya takut untuk jum'atan lagi.
    selain itu, ketika membaca mistis, kaget, kuping panas, kaki panas gak tau kenapa langsung cemas..
    saya sampai bingung harus gimana..
    saya takut kesurupan, takut mati, takut gak ada yang menolong..
    sangat susah sekali melawan mindset negatif itu.
    mohon solusinya mas Nico

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba baca semua artikel yang ada di blog ini mas Fiki lalu praktekkan

      Delete
  48. Suka sekali sama artikelnya. Bermanfaat dan aplikatif.
    Semoga jd amal jariyah ya mas, sebagai ilmu yang bermanfaat.
    Oiya, saya baru saja melahirkan 4 bulan lalu. Saya merasa overprotektif terhadap bayi saya, saya selalu merasa cemas dan khawatir terhadap bayi saya, meskipun latar belakang saya bidan, namun dalam menanggapi hal hal biasa yang menimpa atau terjadi pada bayi saya, selalu saya cemaskan. Saya dapat terjaga semalaman hanya untuk memastikan bayi saya tidak tidur telungkup yang menutup mukanya sehingga membuat dia tidak bs bernafas. Ataupun takut tiba tiba kaki atau tangan suami saya menimpa dia. Dan saya khawatir jika tiba tiba ada semut yang masuk ke telinga anak saya.
    Apakah itu gejala anxie atau sekedar rasa protektif saya terhadap bayi saya?
    Terima kasih jika berkenan menjawab.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut saya itu termasuk gejala anxie buk kartika, kalau sekedar rasa protektif tidak akan sampai membuat ibuk terjaga semalaman, biasanya hal seperti ini disebabkan karena penderita pernah punya pengalaman tertentu dengan seorang bayi, misalnya ada bayi tetangga yang meninggal karena alasan tertentu, lalu timbul kecemasan berlebihan terhadap bayi yang dia miliki.

      Jika ibuk punya pengalaman seperti itu, maka ibuk perlu bersikap tawakal kepada Tuhan dan juga berfikir positif.

      Delete
  49. Apakah penderita anxietas bagi yg muslim bisa berobat mlalui media ruqiah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau menurut saya bisa, tapi untuk lebih jelasnya coba tanyakan ke ustad

      Delete
  50. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  51. Maksudnya ada kedutan di badan itu gimana ya pak buk?

    ReplyDelete
  52. Alhamdullillah jajakumullah khairan smoga allah swt membalas ilmu yg sangat bermanfaat ini

    ReplyDelete
  53. mas, knp saya sll panik, gugup, cemas, pusing, kalo berenti di lampu merah, atau kena macet, atau ke tempat banyak orang.

    ReplyDelete
  54. Terimakasih mas atas infonya, sebelumnya saya menyadari akhir2 ini saya sering marah, emosi yang kadang cepat naik, dan mudah sekali menangis karna hal yg sepele. Saat diam atau melakukan aktivitas banyak sekali fikiran yang keluar masuk tidak terkendi. Mudah2an. Bisa diobati ya. Kasihan anakku sekarang agak menjauh karna takut ibu nya marah2 terus

    ReplyDelete
  55. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete
  56. Assalamualikum mas niko,,dari gejala yg disebutkan diatas sptnya saya juga terkena gejala anxie,,apakah gejala anxie itu termasuk rasa dingin di ulu hati hingga dada ya mas?krn setiap terserang gejala anxie dada dan uluhati saya terasa dingin sekali.

    ReplyDelete
  57. Saya sedang mengalama ini sekarang, alhamdulillah emosi dapat terkontrol, semua fikiran jelek saya singkirkan, hanya saja masih ada rasa takut terulang kembali ketakutannya, makannya terkadang sedikit cemas, tapi sedikit demi sedikit kecemasan itu mulai hilang, dan tidak terlalu sering terjadi,

    ReplyDelete
  58. Saya sedang mengalama ini sekarang, alhamdulillah emosi dapat terkontrol, semua fikiran jelek saya singkirkan, hanya saja masih ada rasa takut terulang kembali ketakutannya, makannya terkadang sedikit cemas, tapi sedikit demi sedikit kecemasan itu mulai hilang, dan tidak terlalu sering terjadi,

    ReplyDelete
  59. assalaamu'alaykum...
    sy mengidap ocd atau was was. yang selalu datang hanya saat akan ibadah wajib. udh ke psikolog atau psikiater, diagnosanya gejala skizoprenia. udah lebih dari 20 tahun mengalaminya. ada saran ga mas nico untuk penyakit seperti saya ini. semakin dilawan semakin kacau bahkan seperti ga sadar dan bingung mau dan sedang apa.

    ReplyDelete
  60. Terimakasih kak nico, bermanfaat sekali.saya masih membaca artikel ini sampai 2018

    ReplyDelete
  61. Terimakasih kak nico, bermanfaat sekali.saya masih membaca artikel ini sampai 2018

    ReplyDelete
    Replies

    1. ya sama-sama, senang rasanya artikel ini bermanfaat bagi banyak orang

      Delete
  62. artikel ini membuat anxie,psikomatis,dan gerd sya perlahan sembuh ,

    sehat sllu ,sukses sllu mas nico 🤲🤲

    ReplyDelete